Rabu, 27 Juni 2012

Keutamaan Umroh di bulan Ramadhan




Umroh di bulan Ramadhan






umroh Ramadhan















Umroh Ramadhan adalah ibadah yang banyak diminati kaum muslimin di seluruh dunia, termasuk di Indonesia, Biasa para jama'ah umroh dibulan suci Ramdhan jumlahnya lebih banyak di bulan-bulan biasa. Hal ini disebabkan karena keutamaan umrah di bulan Ramadhan lebih banyak di banding umroh di bulan-bulan biasa. Walaupun umummnya biaya untuk melaksanakan ibadah umroh di bulan Ramdhan jauh lebih mahal di banding bulan lainnya, tidak sedikit kaum muslimin yang melaksanakan ibadah umroh di bulan Ramdhan ini, hal ini disebabkan karena mereka sangat paham keutamaan atau fadilah melaksankan ibdah umroh di bulan Ramadhan tersebut .



Beberapa keutamaan Umroh Ramadhan diantaranya sebagaimana diterangkan dalam beberapa hadis Nabi Muhammad saw.





Dalam hadis Al-Bukhari (1782) dan Muslim (1256) meriwayatkan bahwa Ibn Abbaas mengatakan: Rasullullah Sholallahu 'alaihi wasallam mengatakan bahwa " bagi wanita dari kaum Ansaar – Ibn Abbaas menyebutkan namanya tetapi lupa – “Apa yang membuat kamu melakukan Haji dengan kami?” Dia menjawab: kami memiliki dua unta dan ayah anak lelaki dan anak lelakinya melakukan Umrah dengan menunggangi Unra, dan dia meninggalkan untanya agar kami bisa membawa air untuknya. Kemudian Beliau mengatakan: “Saat bulan Ramadhan datang, lakukanlah , melakukan Umrah pada (bulan itu) sebanding dengan Haji.” 





Ulama berbeda pendapat mengenai keutamaan Umroh Ramdhan yang disebutkan didalam Hadis. Ada tidak pendapat:  


1 – Hadis tersebut berlakuk bagi wanita yang ditunjuk oleh Rasullullah Sholallahu 'alaihi wasallam. Diantara mereka yang sepakat dengan pandangan ini adalah Sa’eed ibn Jubayr diantara Taabi’een, sebagaimana diriwayatkan oleh Ibn Hajar in Fath al-Baari (3/605). Diantara kutipan yang mendukung pandangan ini adalah Hadis Umm Ma’qil yang mengatakan: Haji adalah Haji dan Umrah adalah Umrah. Rasul Allah (damai dan sejahtera dilimpahkan Allah baginya) mengatakan ini padaku dan aku tidak tau apakah ini hanya untukku atau untuk semua orang. Diriwayatkan oleh Abu Dawood (1989), tetapi versi ini lemah; dikelompokkan kedalam al-Albaani dalam Da’eef Abi Dawood. 





2 – Manfaat yang dimaksud adalah bagi mereka yang berniat untuk melakukan Haji tetapi tidak mampu melakukannya, kemudian dia melakukan Umroh pada bulan Ramadhan. Dnegan menggabungkan niat Haji dengan niat Umrah di bulan Ramadhan, dia mendapatkan hadiah dengan melengkapkan Haji dengan Rasullullah Sholallahu 'alaihi wasallam





3 – Pandangan imam dari emapt mazhab dan lainnya, bahwa kelebihan yang disebutkan dalam hadis tersebut memiliki makna yang umum dan berlaku untuk siapa saja yang melaksanakan umroh Ramadhan. Umrah pada saat itu sebanding dengan melakukan Haji bagi semua orang, tidak hanya bagi sebagian orang atau orang tertentu. 


Pendapat yang paling tepat – dan hanya Allah yang maha mengetahui – adalah  yang terakhir, dan keutamaan yang memiliki makna umum dan berlakuk bagi mereka yang melakukan Umrah di bulan Ramadhan. Yang disebutkan dalam hadis berikut: 





1-    Hadis yang diriwayatkan dari sejumlah Sahabat (pengikut). Al-Tirmidhi mengatakan: terkait masalah tersebut (dilaporkan dan diriwayatkan) dari Ibn ‘Abbaas, Jaabir, Abu Hurayrah, Anas dan Wahb ibn Khanbash. Sebagian besar laporan tidak menyebutkan wanita yang mengajukan pertanyaan.





2-    Tindakan yang dilakukan orang sepanjang  usia, yaitu sahabat (teman), Taabi'een, ulama dan orang benar, yang selalu bersemangat untuk melakukan umrah di bulan Ramadan sehingga mereka dapat mencapai penghargaan ini.





Selanjutnya, muncul pertanyaan mengenai apa yang dimaksud dengan kelebihan yang dimaksud, Umroh dibulan sebanding dengan. Bisa dijelaskan sebagai berikut: 


Tidak diragukan bahwa umroh selama bulan Ramadan tidak menghilangkan kewajiban  Haji, misal, seseorang yang melakukan Umrah dibulan Ramadan tidak dihilangkan kewajibannya untuk melakukan kewajiban Haji seperti diperintahkan Allah. 




Wallahu a'lam bisshowab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar