Selasa, 13 November 2012

Persamaan dan perbedaan haji ONH Plus dan haji reguler




haji reguler





mungkin masih banyak orang yang belum tahu Persamaan dan perbedaan haji ONH Plus dan haji reguler, Apa sih sebenarnya persamaan dan perbedaannya ? yang jelas baik haji plus maupun haji reguler mempunyai persamaanya dan juga ada perbedaanya .Secara umum persamaannya bisa dilihat dari waktu pelaksanaannya dan tata cara pelaksanaanya, artinya baik haji reguler maupun haji ONH Plus dilaksankan bersamaan waktunya yaitu dibulan Dzulhijah dan puncaknya dilaksankan pada tanggal 10 Dzulhijjah. sementara persamaan lainnya yaitu dari tata cara pelaksanaan, seperti tata cara tawaf, sa'i, wukuf, mabit dan lain sebagainya, begitu juga dari syarat haji, rukun haji, wajib haji, keduanya sama baik haji reguler maupun program haji ONH plus / haji khusus.Selain persamaannya Perbedaan haji ONH Plus dan reguler bisanya hanya bersifat teknis pelaksanaan diluar hukum secara syariah.





Berikut ini Perbedaan haji ONH Plus dan haji reguler  :


  1. Dari segi biaya, haji ONH Plus pastinya lebih mahal dibandingkan dengan haji reguler, hal ini dikarenakan biaya akomodasi / hotel dan pesawat dan lain-lainnya lebih mahal, sementara haji reguler biasnya menggunakan fasilitas apartemen atau tenda pemondokkan haji

  2. Dari segi waktu, haji plus lebih cepat dibanding dengan yang reguler, dimana haji reguler butuh waktu hingga 40 hari sementara yang plus paling lama hanya butuh waktu 26 hari saja.

  3. Dari segi jarak, biasnya penginapan atau tempat istirahat jaraknya ke Masjidil Haram atau masjid nabawi lebih dekat yang menggunakan fasilitas plus dibanding haji reguler

  4. yang paling mencolok adalah daftar tunggu atau waiting list. Daftar tunggu atau daftar antria haji plus  jauh lebih cepat dibanding haji reguler. Untuk program haji khusus atau plus biasanya daftar tunggunya hanya menunggu 2 tahun, sementara untuk haji reguler harus menunggu sampai 7 tahun, bahkan di beberaa daerah di Indonesia mereka harus menunggu antrian sampai belasan tahun.

  5. Karena biaya haji plus jauh lebih tinggi dibanding haji reguler, otomatis hanya kalangan tertentu saja  yang umumnya bisa mengikuti program haji plus.


Yang jelas apapun pilihannya, asal semua rukun, persyaratan, sunnah dan lainnya serta tata caranya dilaksnakan sesuai syariah atau tuntunan Al-Qur'an dan hadits dan dilaksanakan semuanya  dengan baik dan sempurna serta niat semata-mata ibadah karena Allah, insya Allah baik jamaah reguler maupun plus kedua-duanya akan mendapatkan predikat haji yang mabrur yang maqbul disisi Allah, dan yang terpenting adalah sikap dan tingkah laku setelah melaksankan ibadah haji tersebut apakah lebih baik atau lebih buruk atau sama saja dari sebelum melaksanakan ibadah haji.





Setelah membaca artikel Persamaan dan perbedaan haji ONH Plus dan haji reguler anda bisa menentukkan sendiri program apa yang akan anda ambil dalam melaksanakan ibadah haji nantinya, apakah anda akan mengikuti program haji ONH Plus atau Haji reguler, Pilihan ada ditangan anda, sebab hanya anda sendiri yang tahu kepntingannya untuk apa dan juga dari sisi kekuatan finansial, hanya anda yang bisa mengukur.Sedikit tips dari saya, bagi andayang sudah berusia lanjut, sangat disarankan menggunakan fasilitas haji plus, mengingat dalam melaksankan ibadah haji diperlukan fisik yang kuat dan kesehatan yang maksimal, dan bagi anda yang usianya masih muda serta keterbatasan secara finansial, maka anda bisa mengikuti program  haji reguler .Sekali lagi, asal pelaksanaannya serta syarat-syarat, baik persyaratan haji secara hukum islam maupun persyaratan haji secara administrasi dilaksanakan dengan baik insya Allah semuanya akan menjadi haji yang mabrur. Amiin















ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free

Tidak ada komentar:

Posting Komentar