Selasa, 19 Februari 2013

Percayakah anda dengan biaya umroh murah?

Percayakah anda dengan biaya umroh sangat murah? Boleh percaya, boleh tidak. Yah, Saat kita sudah mempunyai dana yang cukup untuk mengadakan perjalanan umroh, biasanya kita menyempatkan diri untuk bertanya ke beberapa saudara, kerabat dekat, sanak famili ataupun orang-orang yang sudah kita kenal, yaitu mereka yang sudah pernah menunaikan ibadah umroh di tahun-tahun sebelumnya. Pertanyaan pertama yang pasti terlontar adalah berapa biaya umroh tahun 2013 ini? Hal ini penting, mengingat perjalanan umroh ke Mekah membutuhkan dana yang lumayan besar, apalagi jika dalam menunaikan umroh mengajak seluruh anggota keluarga, pasti anda akan memilih paket umroh keluarga.

Langkah selanjutnya, yang biasanya dilakukan oleh orang-orang yang melek internet adalah browsing on internet. Ya, dengan browsing kita dapat mencari informasi yang lebih banyak tentang biaya atau harga umroh terkini. Dengan browsing, kita dapat mengetahui biro-biro travel yang menawarkan bermacam-macam biaya umroh, paket umroh, jadwal umroh dan fasilitas apa saja yang diberikan.

Untuk urusan umroh berbiaya murah, hendaknya kita bersikap jeli dan hati-hati. Kenapa demikian? Sebab tidak sedikit calon jamaah umroh batal berangkat berkunjung ke Baitullah gara-gara teriming-iming dengan harga umroh yang sangat murah dan super terjangkau. Penderitaan mereka semakin bertambah, setelah dana yang mereka keluarkan untuk melunasi biaya umroh tidak bisa diambil alias raib tak kembali. Kasus di Bandar Lampung beberapa tahun lalu misalnya, patut kita jadikan contoh. Ribuan calon jamaah yang sudah mendaftarkan diri dan melunasi biaya umroh di sebuah biro travel, batal berangkat menunaikan ibadah umroh ke Mekah gara-gara tertipu oleh pihak yang mengaku berpengalaman dalam menyelenggarakan perjalanan ibadah umroh. Di kota-kota lain juga pernah terjadi, puluhan bahkan ratusan calon jamaah umroh tidak jadi berangkat karena uang mereka dibawa kabur oleh pemilik biro travel yang mereka percayai sebagai mitra atau sehabat perjalanan ibadah umroh mereka.

Sikap hati-hati dan jeli terhadap pihak-pihak ketiga yang mengklaim sebagai biro penyelanggara perjalanan umroh yang menawarkan harga atau biaya umroh super murah patut kita miliki. Langkah ini merupakan salah satu upaya untuk mengindari segala kemungkinan-kemungkinan buruk yang bisa terjadi di kemudian hari. Jika kita tidak berhati-hati, maka kita akan bernasib sama dengan mereka-mereka yang sudah pernah mengalami penipuan yang menyesakkan tersebut.

Berapa biaya umroh sebenarnya?

Sebenarnya, harga umrah berkisar antara 14 juta sampai 24 juta, tergantung jenis paket yang dipilih yaitu biaya paket umroh ekonomis, paket regular dan paket umroh plus. Di biro travel umroh dan haji plus Baitussalam misalnya, harga biaya umroh adalah $ 1650 atau kurang lebih 16,5 jutaan berdasarkan kurs rupiah sekarang. Harga biaya tersebut sudah termasuk; tiket pesawat kelas ekonomi (PP), akomodasi/hotel Mekkah dan Madinah, makan 3X sehari menu Indonesia, pengurusan visa umrah, ziarah dan city tour sesuai program, guide/muthowwif, air zamzam @ 10 liter, air port tax & handling seharga Rp. 700.000,-, perlengkapan terdiri dari koper, tas paspor, seragam dan perlengkapan umroh, diterima saat membayar dengan sistem DP atau sistem Lunas.

Jadi, jika ada pihak ketiga yang menawarkan harga umroh yang jauh lebih murah dari harga biaya umroh di atas, dapat dipastikan anda berhadapan dengan pihak-pihak yang patut dicurigai yaitu, pihak-pihak yang ingin memanfaatkan potensi ekonomi belaka dari pada menjadi mitra peserta umroh yang terpercaya, jujur, dan amanah. Mereka akan berusaha sekuat tenaga untuk meyakinkan calon jamaah umroh agar bergabung menjadi peserta wisata umroh di Biro Travel umroh mereka. Mereka yang mengklaim bisa memberangkatkan peserta perjalanan umroh dengan biaya umroh yang sangat murah tidak sedikit bukan dari perseroan terbatas (PT) atau yayasan yang sudah jelas mengantongi izin unruk menyelenggrakan perjalanan ibadah umroh. tapi dari orang perseorangan yang mungkin tidak memiliki legalitas pun tidak memiliki kantor pusat yang jelas.

Sesuatu yang sangat wajar, jika dalam upaya menunaikan ibadah umroh, kita memilih harga umroh yang lebih bahkan paling murah di antara biaya-biaya umroh yang tersebar di surat kabar, radio, pun yang ada di internet. Namun kita harus menelusuri dengan cermat dan teliti terhadap aneka biaya paket umroh yang yang ditawarkan oleh biro-biro travel tersebut. Pernah mendengar biaya paket umroh yang hanya Rp 348.000,- saja? Super murah kan? Eit tunggu dulu,  Usut punya usut, ternyata biaya tersebut merupakan biaya cicilan umroh selama 3 tahun atau 36 bulan. Jadi kalau kita ikut program ini sejak bulan sekarang (Februari 2013), maka kita bisa berangkat umroh di bulan yang sama  tahun 2015. Wow, lama sekali. Ada juga yang menawarkan biaya umroh dengan harga berkisar kurang lebih 12 jutaan. Tapi pemberangkatannya tahun depannya, artinya harus menunggu satu tahun lagi. Terus, uang yang sudah kita setor dikemanakan? Ini yang perlu dipertanyakan. Jangan sampai sesuatu yang buruk menimpa kita semisal uang yang sudah kita setor dibawa kabur oleh pihak penyelenggara perjalanan umroh tersebut. Sebelum memilih biro travel yang kita percayai sebagai sahabat perjalanan ibadah umroh kita ke Baitullah agar hal-hal yang buruk bisa dihindari, pastikan anda mengikuti langkah-langkah berikut ini;

Langkah-langkah memilih biro travel yang murah biaya umrohnya.

1. Pastikan bahwa biro travel yang anda percayai sudah memiliki izin operasiona dari Departemen Agama untuk menyelenggarakan perjalanan umroh.

2. Memilih Biro Perjalanan Travel Umrah Yang Berpengalaman
Biro Perjalanan Travel Umroh, yang sudah memiliki pengalaman dalam melayani Jamaah umroh, biasanya sudah memiliki jaringan yang luas baik di pemerintahan maupun dengan pelaku bisnis lainnya di Arab Saudi seperti pemilik perhotelan dan lain-lain. Hal ini tentu saja akan memudahkan proses pengurusan keperluan umroh dan dapat memberikan jaminan akan kelancaran suatu ibadah.

3. Pelayanan Dan Fasilitas yang di berikan
Fasilitas tidak menjamin suatu ibadah akan berjalan aman, nyaman dan memuaskan. Namun, pelayanan dan fasilitas yang diberikan oleh biro perjalanan travel umroh mempengaruhi pelaksanaan ibadah umroh tersebut. Untuk itu, perlu kiranya calon jamaah selalu memperhatikan secara teliti dan cermat apakah layanan dan fasilitas yang diberikan sesuai dengan promosi yang digembor-gemborkan di media cetak atau yang sejenisnya.

Singkat kata, kita berhak untuk memilih biro travel yang menawarkan aneka biaya paket umroh murah dan terjangkau. Tapi sikap mengedepankan kehati-hatian dalam memilih biro penyelenggara umroh sangat dibutuhkan agar supaya proses perjalanan umroh baik sebelum ataupun sesudahnya benar-benar dirasakan kenyamanannnya oleh jamaah umroh. Demikian artikel kami yang berjudul “Percayakah anda dengan biaya umroh murah” ini kami tulis. Semoga artikel yang sederhana ini dapat menjadi referensi anda untuk memilih biro travel umroh yang terpercaya, amanah, professional dan jujur dalam melayani jamaah umroh.


Hubungi:
PT. Papua Tours and Travel
Gedung Rabithah Awaliyah Lt2, Jl TB Simatupang No.7A Tanjung Barat Jakarta Selatan
Telp :  021-4429 1374 / 0813 841 574
email :admin@wisataumrahhaji.com





Tidak ada komentar:

Posting Komentar