Kamis, 21 Februari 2013

Prosedur Pembuatan Paspor Umroh

pembuatan paspor
Prosedur pembuatan paspor umroh ini sering ditanyakan oleh jamaah, terutama bagi mereka yang belum pernah melaksankan umroh atau mungkin belum sama sekali berangkat ke luar negeri. Salah satu dokumen yang penting yang harus disiapkan oleh jamaah adalah harus memilki paspor umroh, disamping masih ada dokumenn lain yang harus disiapkan juga. Paspor ini sebagai syarat medapatkan izin keluar dari wilayah Indonesia.Mungkin bagi sebagian orang membuat paspor itu bukanlah perkara yang sulit, tapi bagi sebagian lagi, terutama mereka yang sama sekali belum berpergian ke luar negeri merupakan perkara yang baru yang mungkin mereka akan mengalami kesulitan.

Apa itu paspor dan apa kegunaan membuat paspor itu ?


Sebelum bicara lebih jauh tentang prosedur pembuatan paspor umroh, ada baiknya sedikit mengetahui apa itu paspor ?. Paspor adalah dokumen resmi yang diterbitkan oleh pejabat yang berwenang dari suatu negara, dalam hal ini bagian keimigrasian. Papor itu sendiri memuat selain identitas dari pemiliknya, juga berlaku untuk melakukan perjalanan antar suatu negara.

Biasanya dalam paspor itu sendiri memuat biodata pemiliknya, diantarnya foto pemilik, tanda tangan, tempat dan tanggal lahir dan lain-lain yang mengenai informasi individual lainnya.Terkadang di dalam membuat paspor ada informasi tentang negara-negara tertentu yang tidak boleh dikunjungi, dimana dulu ada informasi dalam paspor Indonesia  tentang larangan mengunjungi negara israel dan Taiwan, karena pertimbangan tertentu.

Cara mudah pembuatan paspor umroh

a. Syarat pembuatan paspor umroh

Sebelum proses pembuatan paspor dimulai, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi di antaranya : 
  1. Warga negara Indonesia ( bagi yang ingin ke luar negeri )
  2. Memiliki KTP asli penduduk Indonesia.
  3. Datang langsung ke Kantor Imigrasi terdekat di wilayah anda (hati-hati jangan menggunakan jasa calo)
  4. Untuk saat ini anda sudah bisa mendaftar secara online, kunjungi web nya di http://www.imigrasi.go.id/
  5. Menyiapkan dokumen-dokumen penting yang diperlukan untuk pembuatan paspor
  6. Menyiapkan waktu khusus yang ditentukan bagian keimigrasian untuk foto, sidik jari dan wawancara ( tidak bisa diwakili )

b. Dokumen  pembuatan paspor umroh :

  1. Foto copy KTP
  2. Foto copy Kartu Keluarga
  3. Foto copy akte kelahiran / surat nikah / Ijazah
  4. Foto copy paspor lama ( bagi yang ingin memperpanjang )
  5. Surat rekomendasi / izin atasan / sponsor ( bagi karywan atau utusan instansi )
  6. Surat kuasa / Kartu tanda engenal kepengurusan keimigrasian.
  7. Materei 6000 1 lembar ( untuk pembuatn dan perpanjangan paspor )
  8. Tambahan 1 lembar materei lagi untuk yang ingin menambah 3 suku kata pada namanya.
Selain foto copy dokumen yang diperluakan di atas, anda juga harus menyiapkan dokumen aslinya, untuk diperlihatkan saat verifikasi data dan juga saat diwawancara nanti.Dokumen asli hanya untuk diperlihatkan saja, jadi tidak ada yang ditinggal di kantor Imigrasi.

 Prosedur mudah cara pembuatan paspor umroh

 Alur pembuatan paspor umroh

a.  Cara pembuatan paspor offline

 Cara pembuatan paspor offline adalah proses pembuatan paspor dengan cara mendaftar langsung di kantor keimigrasian setempat, Biasanya saat anda datang ke kantor imigrasi anda diharuskan mengisi formulir permohonan pembuatan paspor umroh, Sebelumnya jangan lupa anda sudah menyiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan untuk pembuatan paspor. Berikut ini langkah-langkah mudah dalam pembuatan paspor umroh :
  1. Anda secara sengaja / langsung datang ke kantor imigrasi terdekat di wilayah anda.
  2. Minta formulir permohonan  pembuatan paspor umroh di bagian kelengkapan data, untuk kantor Imigrasi Bekasi biasnya anda akan terima formulir tersebut di bagian pengecekan dokumen yang letaknya di didalam ruangan dekat pintu masuk kantor.
  3. Setelah mengisi formulir anda menyerahkan formulir tersebut ke bagian pengecekan dokumen saat anda baru tiba di kantor tadi, dengan menyerahkan dokumen-dokumen yang diperlukan dalam pembuatan paspor dalam map merah kantor imigrasi ( anda bisa minta map merah tersebut  pada petugas imigrasi ; Gratis )
  4. Setelah formulir diperiksa petugas, dan dokumen dinyatakan lengkap oleh petugas anda akan menerima nomor antrian dari petugas, untuk selanjutnya anda menunggu  panggilan untuk verifikasi dokumen, jangan lupa anda siapkan dokumen aslinya pada saat verifikasi data )
  5. Saat giliran nomor antrian anda dipanggil serahkan dokumen-dokumen dalam map merah kepada petugas, dan saat itulah biasanya anda harus menyiapkan dan meperlihatkan dokumen asli yang di minta petugas
  6. Selanjutnya anda menunggu untuk menerima lembaran tanda terima permohonan, dan biasanya saat itu anda diminta datang kembali ke 3 hari selanjutnya, untuk proses foto, sidik jari, wawancara dan pembayaran. Untuk biaya pembuatan paspor anda siapkan biayanya sebesar Rp. 255.000,-
  7. Saat anda datang kembali tiga hari kemudian, anda datang ke petugas untuk mengambil nomor antrian pembayaran.
  8. Selanjutnya anda silahkan menunggu nomor antrian untuk proses foto, sidik jari wawancara dan pembayaran.
  9. Untuk selanjutnya anda menunggu paspor selesai di cetak, biasanya paspor selesai dicetak dan bisa di ambil setelah 1 atau 2 minggu.
  10. Selesai. Ilustrasi tersebut dibuat bagi anda yang membuat paspor di kantor Imigrasi di wilayah Bekasi.

b.  Cara pembuatan paspor online 

Selain cara pembuatan paspor offline anda juga bisa membuat paspor secara online, untuk informasi selengkapnya tentang cara pembuatan paspor online silahkan kunjungi situsnya di http://www.imigrasi.go.id/,
Mohon maaf untuk detail cara pembuatan paspor online ini belum bisa kami sampaikan saat ini, mengingat pembahasan prosedur pembuatan paspor umroh di atas secara offline berdasarkan pengalaman pribadi penulis, dan penulis sendiri belum pernah melakukan pembuatan paspor secara online, Insya Allah di artikel berikutnya kami akan membahas cara pembutan paspor secara online.....hehehe penulis mau cari-cari  informasi dulu ya...!


5 komentar:

  1. berapa biaya untuk pembuatan paspor ?

    BalasHapus
  2. gan emang paspor.biasa ama paspor umroh dan paspor tki apa bedanya ya

    BalasHapus
  3. gan emang paspor.biasa ama paspor umroh dan paspor tki apa bedanya ya

    BalasHapus
  4. Tlng info nya alamat buat paspor bwt umroh. Daerah bekasi. Rmh sy rawa semut. Dan nama kantor nya apa. Trims'

    BalasHapus
  5. untuk membuat paspor umroh ko harus membawa surat rekomendasi biro perjalanan umroh..? apa memang harus ...dan apa kaitanya kalau paspor itu di gunakan bukan untuk tahun ini...

    BalasHapus