Minggu, 30 Desember 2012

Keutamaan Umrah Pada Bulan Ramadhan


Keutamaan Umrah Ramadhan
Travel Al Hijaz - Keutamaan umrah pada bulan ramadhan seperti yang kita ketahui tentunya sangatlah beragam. Banyak sekali umat muslimin di dunia termasuk di Indonesia sendiri yang berduyun-duyun untuk melaksanakan ritual ibadah umroh Ramadhan, hal ini dikarenakan banyak sekali manfaat dan keutamaan ibadah umroh pada bulan ramadhan. Diantara jamaah umroh ramadhan, ada yang melaksanakan umroh di awal ramadhan, tengah ramadhan, akhir ramdhan, umroh i'tikaf ramdhan dan bahkan tidak sedikit yang melaksanakan full ramadhan, artinya selama bulan ramadhan mereka melaksanakan umroh. hal ini disebabkan karena Umroh yang dilaksanakan pada bulan Ramadan sebanding dengan Haji dalam hal kelebihan dan keunggulan. Rasulullah sendiri menyebutkan mengenai keutamaan umrah pada bulan Ramadhan bagi bulan itu memiliki berbagai keunggulan tersendiri.Tidak sedikit biro umroh atau travel umroh yang menyediakan paket umroh ramadhan dengan biaya umroh yang beragam. Untuk itu, keutamaan dan keunggulan umroh ramadhan tidak bisa dipandang sebelah mata.

Dalam hadis Al-Bukhari (1782) dan Muslim (1256) meriwayatkan bahwa Ibn Abbaas mengatakan: Rasullullah Sholallahu 'alaihi wasallam mengatakan bahwa " bagi wanita dari kaum Ansaar – Ibn Abbaas menyebutkan namanya tetapi lupa – “Apa yang membuat kamu melakukan Haji dengan kami?” Dia menjawab: kami memiliki dua unta dan ayah anak lelaki dan anak lelakinya melakukan Umrah dengan menunggangi Unra, dan dia meninggalkan untanya agar kami bisa membawa air untuknya. Kemudian Beliau mengatakan: “Saat bulan Ramadhan datang, lakukanlah , melakukan Umrah pada (bulan itu) sebanding dengan Haji.”

Ulama mempunyai perbedaan pendapat mengenai keutamaan Umroh Ramdhan yang disebutkan didalam Hadits.

1 – Hadis tersebut berlaku bagi wanita yang ditunjuk oleh Rasullullah Sholallahu 'alaihi wasallam. Diantara mereka yang sepakat dengan pandangan ini adalah Sa’eed ibn Jubayr diantara Taabi’een, sebagaimana diriwayatkan oleh Ibn Hajar in Fath al-Baari (3/605). Diantara kutipan yang mendukung pandangan ini adalah Hadis Umm Ma’qil yang mengatakan: Haji adalah Haji dan Umrah adalah Umrah. Rasul Allah (damai dan sejahtera dilimpahkan Allah baginya) mengatakan ini padaku dan aku tidak tau apakah ini hanya untukku atau untuk semua orang. Diriwayatkan oleh Abu Dawood (1989), tetapi versi ini lemah; dikelompokkan kedalam al-Albaani dalam Da’eef Abi Dawood.

2 – Manfaat yang dimaksudkan adalah bagi mereka yang berniat untuk melakukan Haji tetapi tidak mampu melakukannya, kemudian dia melakukan Umroh pada bulan Ramadhan. Dengan menggabungkan niat Haji dengan niat Umrah di bulan Ramadhan, dia mendapatkan hadiah dengan melengkapkan Haji dengan Rasullullah Sholallahu 'alaihi wasallam

3 – Pandangan imam dari emapt mazhab dan yang lainnya, bahwa kelebihan yang disebutkan dalam hadis tersebut memiliki makna yang umum dan berlaku untuk siapa saja yang melaksanakan umroh Ramadhan. Umrah pada saat itu sebanding dengan melakukan Haji bagi semua orang, tidak hanya bagi sebagian orang atau orang tertentu.
Pendapat yang paling tepat – dan hanya Allah yang maha mengetahui – adalah  yang terakhir, dan keutamaan yang memiliki makna umum dan berlakuk bagi mereka yang melakukan Umrah di bulan Ramadhan. Yang disebutkan dalam hadis berikut:

1-    Hadis yang diriwayatkan dari sejumlah Sahabat (pengikut). Al-Tirmidhi mengatakan: terkait masalah tersebut (dilaporkan dan diriwayatkan) dari Ibn ‘Abbaas, Jaabir, Abu Hurayrah, Anas dan Wahb ibn Khanbash. Sebagian besar laporan tidak menyebutkan wanita yang mengajukan pertanyaan.

2-    Tindakan yang dilakukan orang sepanjang  usia, yaitu sahabat (teman), Taabi'een, ulama dan orang benar, yang selalu bersemangat untuk melakukan umrah di bulan Ramadan sehingga mereka dapat mencapai penghargaan ini.

Selanjutnya, muncul pertanyaan mengenai apa yang dimaksudkan dengan kelebihan yang dimaksud, Umroh dibulan ramadhan sebanding dengan haji. Bisa dijelaskan sebagai berikut:
Tidak diragukan bahwa umroh selama bulan Ramadan tidak menghilangkan kewajiban  Haji, misal, seseorang yang melakukan Umrah dibulan Ramadan tidak dihilangkan kewajibannya untuk melakukan kewajiban Haji seperti diperintahkan Allah.

Demikianlah sedikit ulasan mengenai keutamaan umrah pada bulan ramadhan, bagi calon jamaah yang hendak melaksanakan umroh pada bulan ramadhan ada baiknya mengetahui paket umroh ramadhan dan perhatikan juga rencana perjalanan umroh ramadhan yang ditawarkan apakah sesuai dengan biaya umroh yang harus dikeluarkan atau tidak. Hal ini dkarenakan banyaknya travel umrah atau biro umrah yang menawarkan jasa perjalanan umrah dengan harga yang beragam dan paket yang beragam pula tentunya. Mudah-mudahan bermanfaat.

1 komentar: